Home » » Rancangan Aturan Impor Sapi dari India Sudah Selesai

Rancangan Aturan Impor Sapi dari India Sudah Selesai


Kenaikan harga daging sapi sampai rp 130.000/kg pada awal 2016 ini segera disikapi preswangsitn Joko Widodo (Jokowi) dengan perubahan aturan impor ternak maupun produk hewan yang tak lagi memakai basis negara (country base), melainkan zonasi (zona base). kebijakan ini ialah salah satu isi dari paket ekonomi jilid ix yang diumumkan 27 januari 2016.

Dengan penggunaan zona base tersebut, kini impor sapi dari india pun dimungkinkan. Indonesia tak lagi bergantung pada pasokan sapi dari australia dan Selandia Baru.

Menteri pertanian (mentan) amran sulaiman mengsaya telah menyelesaikan draft aturan untuk impor sapi dengan sistem zona base. rancangan aturannya telah diserahkan kepada menko perekonomian darmin nasution

"tadi regulasinya sudah selesai, kami sudah tanda tangan, sudah kami kirim ke pak menko," kata Amran kepada detikfinance di Jakarta, jumat (5/2/2016).

Amran menjamin bahwa impor sapi dari india tidak akan melabrak undang undang nomor 41 tahun 2014 ihwal peternakan dan kesehatan hewan. "saya kira nggak kok," ucapnya.

Dengan rampungnya draft aturan untuk impor sapi dengan sistem zona base ini, sebentar lagi indonesia mampu mendatangkan sapi dari india.

"sebentar lagi, kita tunggu saja," tutupAmran.

0 comments:

Post a Comment